oleh

Pemkot Bekasi Lakukan MoU Dengan BPN Terkait Legilisasi Aset

-Bekasi-257 views

TRANSPARAN NEWS – Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) menandatangi nota kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MoU) dengan Pemkot Bekasi tentang legalisasi aset diwilayah Pemkot Bekasi.

Penandatanganan dilakukan langsung antara Kepala BPN Muhammad Irdan dengan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi disaksikan Sekda dan pejabat Pemkot lainnya.

“Ini bagian dari program nasional untuk melegalisasi aset semua tanah khususnya di Kota Bekasi yang belum bersartifikat,” ujarnya usai apel pagi di lapangan Plaja Pemkot Bekasi Senin, (28/8). Rahmat Effendi mengatakan kesepakatan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama untuk proses verifikasi dan melegalisasi aset milik Pemkot Bekasi.

Wali Kota mengatakan, “selama 21 tahun Kota Bekasi berdiri, baru kali ini aset Pemkot ditingkatkan status bukti kepemilikan”.

“Bukti kepemilkan aset itu sartifikat mudah-mudahan pengurusannya jangan diperlama lagi. Sebab salah satu kunci peraihan WTP adalah aset yang benar.” sebut pria akrab disapa Bang Pepen itu.

Sementara itu, Kepala Kantor BPN Kota Bekasi Muhammad Irdan menyampaikan, mungkin sejak pemekaran administrasi Kabupaten Bekasi, belum lengkap dan perlu waktu untuk dikumpulkan.

“Artinya, kadang-kadang bisa jadi dokumen itu belum lengkap dan mereka masih menunggu penyelesain administrasi lainnya, kemudian baru diserahkan,” katanya kepada Transparan News.Com.

Namun, dirinya belum mengetahui secara pasti aset yang akan disertifikasi karena baru menjabat.  “Saya belum tau, nanti saya lihat dulu datanya,” ujar Irdan.

Dikatakannya, sebagian besar tanah yang diserahkan oleh developer atau pengembang belum bersatifikat “Untuk itu harus cepat ditindaklanjuti, takutnya nanti ada perubahan site plan,” ucapnya.(Sat)

Komentar