oleh

Hadiri Wisata Leluhur Raja Tambun Indonesia, Bupati Toba : Milikilah Kepribadian Batak Naraja

TransparanNews, TOBA – Sekitar 3.000 keturunan Si Raja Tambun dari seluruh Indonesia hadir pada acara Pesta Rakyat dan Wisata Leluhur ke-3 Punguan Pomparan Raja Tambun Indonesia (PPRTI) yang digelar di Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, pada Sabtu (19/11/2022.

Pesta Rakyat dan Wisata Leluhur ke-3 Punguan Pomparan Raja Tambun Indonesia seyogianya dilaksanakan pada tahun 2020 silam namun tertunda selama 2 (dua) tahun karena pandemi Covid 19.

Berdasarkan laporan Ketua Umum DPP PPRTI, Richard Tambun, bahwa Wisata Leluhur Punguan Pomparan Raja Tambun Indonesia awalnya dilaksanakan pada tahun 2016, kemudian pada tahun 2018. Kegiatan yang dilakukan setiap 2 (dua) tahun sekali ini ditujukan untuk mempererat silaturahmi antar keturunan Si Raja Tambun dari seluruh Indonesia dan memperkenalkan sejarah Marga Tambun bagi keturunan Punguan Pomparan Raja Tambun Indonesia.

Adapun kegiatan utama dari Pesta Rakyat dan Wisata Leluhur ke-3 PPRTI adalah Peletakan Batu Pertama Si Raja Tambun Center di Sibisa, Teatrikal Sejarah Si Raja Tambun, dan Penyerahan Pataka kepada Pelaksana Wisata Leluhur ke-4 tahun 2024 PPRTI.

Pemerintah Kabupaten Toba yang dipimpin Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus didampingi Sekretaris Daerah Augus Sitorus, dan sejumlah Kepala OPD hadir pada Pesta Rakyat dan Wisata Leluhur ke-3 PPRTI.

Dalam sambutannya, Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus mengapresiasi kekompakan para keturunan Si Raja Tambun dalam menggelar acara Pesta Rakyat dan Wisata Leluhur ke-3 di Sibisa.

“Saya kagum dengan kekompakan para keturunan Raja Tambun Indonesia yang sudah menyelenggarakan acara ini. Ini merupakan cerminan kepribadian Batak Naraja. Saya dorong Bapak dan Ibu untuk memiliki kepribadian Batak Naraja, yaitu Marugamo, Maradat, Marparbinotoan, dan Maruhum. Kalau punya kepribadian Batak Naraja, maka kita akan jadi partataring na so ra mintop, parsakkalan na so mahiang, dan par amak na so habalunon,” ucap Bupati.

Bupati Toba selanjutnya mengundang secara lisan seluruh keturunan Si Raja Tambun agar hadir pada perhelatan Boat Race F1H2O pada 24-26 Februari 2023. Tak hanya itu, Bupati Toba juga mendorong agar keturunan Si Raja Tambun giat belajar supaya bisa masuk ke sekolah unggulan di Toba dan mendapatkan beasiswa apabila berasal dari keluarga kurang mampu.

Pemerintah Kabupaten Toba mendukung acara Pesta Rakyat dan Wisata Leluhur ke-3 PPRTI ini dengan menyerahkan bantuan dan sejumlah fasilitas untuk suksesnya acara .(Anry)

Komentar