oleh

Jelang F1H2O,Inalum Beri Bantuan Fasilitas Homestay

TransparanNews, TOBA – Menjelang perhelatan internasional Power Boat Racing F1H2O di Danau Toba tepatnya di Balige, Kabupaten Toba pada 24-26 Februari 2023, masyarakat terutama para pelaku wisata termasuk pengelola homestay bersama aparatur pemerintah diharapkan bekerja keras mempersiapkan segala sesuatu menyambut wisatawan yang akan datang ke daerah ini.

Hal ini dikatakan Bupati Toba, Poltak Sitorus dalam kata sambutannya pada acara serah terima sejumlah bantuan dari CSR PT.Inalum berupa fasilitas homestay di Desa Meat, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Selasa (24/1/2023).

Sebelumnya Bupati Poltak Sitorus mengatakan atas nama pemerintah Kabupaten Toba mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf RI dan PT Inalum melalui program CSR-nya yang memberikan bantuan sejumlah barang fasilitas homestay kepada para warga kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat.

Desa Meat merupakan salah satu desa wisata yang memiliki panorama indah di tepi Danau Toba. Diharapkan warga desa ini juga mendapat kunjungan wisatawan sekaitan kegiatan F1H2O.

Bupati Poltak pun berharap BUMN termasuk Inalum terus aktif melakukan pembinaan kepada UMKM dan pelaku ekonomi kreatif lokal hingga menjadi mandiri.

“Warga akan mendapatkan tambahan pendapatan peningkatan perekonomian dari event F1H2O. Wisatawan datang ,maka lakulah homestay dan UMKM .Ini kesempatan mencari pendapatan membuat wisatawan nyaman, memperlakukan tamu layaknya Tulang/Nantulang (kerabat dalam suku Batak) yang dihormati,” katanya.

Ia juga berpesan kepada kepala desa setempat agar melaksanakan tonggo raja (rapat desa) agar masyarakat Podarwis , agar menjamu tamu dengan santun,jangan mengambil keuntungan sesaat tetapi dengan memberi harga yang standar dengan adanya daftar harga. Berilah pelayanan yang akan memberikan kenangan, sehingga wisatawan akan datang kembali.

Vice President CSR PT. Inalum,Zainuddin Iqbal Sidabutar dalam kesempatan ini mengatakan perihal rencana pemberian bantuan ini sudah lama dirancang bersama pihak Kemenparekraf RI melalui Pak Agus dan Andi Marpaung.

Bantuan kepada pengelola homestay ini diharapkan dapat mendukung penyambutan wisatawan pada kegiatan F1H2O dan kegiatan lainnya. Ini ada suatu kebanggaan pihaknya sebagai BUMN untuk bisa membantu pengembangan daerah wisata Danau Toba.

Pihak Kemenparekraf RI, Agus didampingi Andi Marpaung mengatakan pengembangan pariwisata melalui homestay ini merupakan komitmen Pemkab Toba dalam meningkatkan pariwisata .

Kepada penerima bantuan,ia berharap agar merawat fasilitas yang diberikan. Ditambahkannya agar Pokdarwis dan masyarakat selalu mengedepankan Hospitality -pelayanan dengan keramahtamahan untuk menjadi kenangan dan menjadi promosi dari pengunjung itu sendiri.

“Dengan kegiatan F1H2O ,semoga membawa dampak peningkatan perekonomian bagi masyarakat kawasan Danau Toba,” katanya.

Mewakili warga Pokdarwis yang menerima bantuan, Kepala Desa Meat, Janri M. Simanjuntak mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diterima warga pelaku wisata home stay di Desa Meat.

Bantuan yang diterima oleh 6 Homestay diantaranya tempat tidur,bantal, selimut, lemari, dan barang lainnya.

Turut hadir menyaksikan serah terima bantuan ini, Asisten Perekonomian Jonni D.P.Lubis, Sekdis Kebudayaan dan Pariwisata Ganyang Situmorang, Kabag Perekonomian Jefry Nainggolan, Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Tulus Hutabarat,Kabid PIKP Dinas Kominfo Rikardo Simamora,dan lainnya. (MC Toba).

Komentar