oleh

Peringatan Hardikdas Jakarta Utara, Walikota : Selaraskan Merdeka Belajar di Tiga Tempat Pendidikan

TransparanNews, JAKARTA – Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 digelar di Plaza Barat, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (13/5/2022).

Dihadapan puluhan peserta upacara, Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim yang bertindak sebagai Inspektur Upacara menyampaikan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim yang bertemakan ‘Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”.

Ali menuturkan tiga tempat pendidikan harus selaras dengan visi-misi merdeka belajar. Ketiga tempat ini harus menghadirkan metode pembelajaran yang menyenangkan, tidak membuat anak tertekan sehingga berdampak stress.

“Alhamdulillah kita baru saja melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022. Di Hari Pendidikan Nasional ini kita fokus pada dunia pendidikan untuk bagaimana anak dan guru kita bisa menimba ilmu, belajar dengan prinsip merdeka, tidak tertekan dan tidak stress,” tutur Ali Maulana Hakim usai Upacara Bendera dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 di Plaza Barat, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (13/5/2022).

Keluarga, dikatakan Ali sebagai tempat pendidikan pertama bagi anak. Kedua orang tua beserta anggota keluarga lainnya harus menjadi pendidik dan terjun langsung menjadi sebuah kelompok belajar bersama anak.

Tempat kedua dalam pentingnya pendidikan bagi anak yakni lembaga pendidikan baik formal maupun non formal.

Tak kalah penting tempat pendidikan pada masyarakat yang sangat kuat membentuk karakter anak di samping keluarga dan lembaga pendidikan.

“Oleh karena itu, mudah-mudahan semua temat pendidikan ini bisa menjadi satu visi dan misi bagaimana menghadirkan merdeka belajar,” jelasnya.

Terhadap dunia pendidikan di Jakarta Utara, Ali mengajak seluruh elemen masyarakat aktif memberikan perhatian lebih terhadap hal tersebut. Terutama memberikan informasi apabila masih terdapat anak yang belum mendapat pendidikan di usia pendidikannya.

“Kemarin kami sudah sosialisasikan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) agar semaksimal mungkin semua anak di Jakarta Utara harus mendapatkan pendidikan. Saya mengajak seluruh masyarakat mari bersama-sama kita aktif memberikan perhatian terhadap dunia pendidikan dengan menjadi panutan kepada anak. Informasikan apabila masih ada anak yang belum mendapatkan pendidikan di usia pendidikannya,” tutupnya.

Diketahui, Upacara Bendera dalam rangka Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 di Plaza Barat Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara juga diikuti Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Juaini, dan Sekretaris Kota Kota Administrasi Jakarta Utara, Abdul Khalit. Hadir pula undangan dari Polres Metro Jakarta Utara, Kodim 0502 Jakarta Utara, Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, dan Dewan Kota Kota Administrasi Jakarta Utara.(awr)

 

 

Komentar

News Feed