Pesona Aek Sitio tio Humbahas Yang harus Dikunjungi 

Berita, Nasional498 views

TransparanNews, HUMBAHAS – Humbang hasundutan (Humbahas) memang kaya akan potensi wisata yang memukau. Salah satunya di Kecamatan Baktiraja, selain dikenal dengan wisata markas Sisingamangaraja, Aek Sipangolu, Air Terjun Janji dan lain-lain, ternyata di kecamatan yang merupakan pinggiran Danau Toba ini ada terdapat wisata yang sangat menarik dikunjungi, mamanya Aek Sitio-tio. Kenapa disebut Aek Sitio tio ? Karena disebut Aek dalam bahasa Indonesia adalah Air, sedangkan Tio itu artinya jernih dan bisa dimaknai sebagai Air yang sangat jernih, dan warga setempat sering menyebut tempat ini sebagai Mual ni Raja ( Sumur Raja).

Lokasi ini berada di Desa Siunong-Unong Julu, Kecamatan Baktiraja, kurang lebih 12 Km dari pusat Kota Doloksanggul. Diketahui Aek Sitio tio ini merupakan sumber mata airnya yang sangat jernih dan tidak pernah kering. Sedangkan lokasi yang berukuran sekitar 10 x 50 meter dengan kedalaman air sekitar 100 cm, dan berada pada titik koordinat N 2.303653, E 98.804458.

Lokasi ini terdapat berbatasan sebelah timur aliran Sungai Aek Simangira, sebelah barat dengan jalan, sebelah selatan dengan persawahan dan sebelah utara dengan jalan. Menariknya ada di lokasi ini pepohonan besar kata warga, pohon itu sudah berumur ratusan tahun menambah suasana lokasi ini jadi rindang , dan juga pemandian ini diperkirakan sudah berusia ratusan tahun digunakan, disana terdapat 2 (dua) ruangan untuk pemandian umum, toilet dan ruang ganti yang tersedia.

Baru-baru ini, lokasi tersebut sudah ditata dan dirapikan hingga kesannya menambah semangat pengunjung yang hendak mandi atau bersantai di lokasi ini.

Diketahui, masyarakat sekitar maupun masyarakat dari luar yang datang kesana, meyakini bahwa mata air ini katanya memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai macam penyakit jika digunakan.

“Banyak warga yang datang ke lokasi ini untuk mandi dan untuk mengambil air sebagai air minum, lokasi ini kedepan kalau bisa dikembangkan lagi penataannya, agat nampak lebih bagus lagi” ujar B Purba yang katanya warga sekitar lokasi wisata itu menambahkan (22/8).(RL.Gaol)

Poto: Wisata Aek Sitio tio di Desa Siunong unong Julu, Kecamatan Baktiraja Humbahas

Komentar