oleh

SMK Negeri 15 Kota Bekasi Menjadi SMK Pertama Yang Ikut Pameran Manufacturing Indonesia

TransparanNews, KOTA BEKASI – SMK Negeri 15 Kota Bekasi ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai Pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan Lanjutan Skema Pemadanan Dukungan pada tahun 2022. SMK berkolaborasi dengan mitra industri menyukseskan program tersebut dengan meningkatkan ruang lingkup kerjasama yang disepakati. Mitra industri yang digandeng oleh PT Enviro Tools, PT Fondanusa Aditama, dan PT Gisma Cipta Sukses.

Salah satunya PT Gisma Cipta Sukses memberikan dukungan kepada SMK Negeri 15 Kota Bekasi berupa pengembangan pembelajaran berbasis industri yang berpedoman pada program link and match (8+i). Kegiatan unggulannya adalah pelaksanaan Retrofit Mesin CNC untuk guru melalui program magang guru dan siswa melalui Praktik Kerja Lapangan/PKL yang didampingi oleh tim profesional dari PT Gisma Cipta Sukses. Selain itu mitra industri juga mengirimkan tenaga ahli profesional untuk memberikan pembelajaran di sekolah melalui program guru tamu.

Retrofit Mesin CNC merupakan kegiatan mengembangkan mesin lama menjadi mesin baru dengan mengganti sebagian besar part mechanic dan electric sehingga mesin bisa aktif dan beroperasi kembali serta berfungsi dengan baik. Mesin CNC hasil retrofit tersebut akan diserahkan ke SMK untuk memenuhi kebutuhan peralatan praktik peserta didik serta mendukung pelaksanaan BLUD di kemudian hari.

Sebelum diserahkan ke SMK Negeri 15 Kota Bekasi, mesin CNC tersebut dibawa mengikuti Pameran Manufacturing Indonesia di Jakarta International Expo, Jakarta pada 30 November sd 3 Desember 2022. Manufacturing Indonesia merupakan pameran manufaktur internasional terbesar di Indonesia yang menyediakan platform bisnis profesional untuk industri manufaktur Indonesia. Kegiatan tersebut sangat terkenal dan dihormati di kalangan profesional industri.

Kepala Sekolah Smk Negeri 15 Kota Bekasi Dra. Supriatin menyebutkan bahwa kegiatan ini menjadi kebanggaan bagi kami SMK Negeri 15 Kota Bekasi bisa berpartisipasi dalam event Internasional tersebut dimana satu-satunya SMK yang bisa mengikuti pameran dan baru pertama dalam sejarah Manufacturing Indonesia, SMK menjadi peserta pameran.jelas Supriatin Rabu (30/11/2022)

“Kami ucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara khususnya Kementerian Perindustrian RI, PT Gisma Cipta Sukses dan Asosiasi Industri Mesin Perkakas Indonesia (ASIMPI) yang memberikan kesempatan kepada SMKN 15,” ucapnya.

Pada hari pertama tampak booth SMK Negeri 15 Kota Bekasi ramai dikunjungi oleh pengunjung antara lain SPV Petrokimia Gresik, Founder Pudak Scientific.”tutupnya (HSN)

Komentar