LSM CIFOR Minta Aset Pelindo I Di Area Gabion Peti Kemas Belawan Digabungkan dan Dikelola TPK Belawan

Ekonomi, Nasional2,090 views

TransparanNews, BELAWAN – Kinerja Operasional di TPK Pelindo I Belawan Diatas Standar Kinerja Bongkar Muat Peti Kemas Kementerian Perhubungan. Sampai dengan Semester I Tahun 2020, kinerja operasional Terminal Peti Kemas (TPK) PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Belawan, baik itu di Terminal Internasional mencapai 54,92 Box/Ship/Hour (B/S/H), maupun di Terminal Domestik sendiri yang mencapai 47,66 B/S/H.

Di mana, jumlah Produktivitas dari kedua terminal tersebut, ternyata berada di atas Standar kinerja bongkar muat peti kemas Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang sebesar 32 B/S/H.

Bongkar muat Peti kemas di TPK Belawan sampai dengan Semester I Tahun 2020 ini, di mana untuk di Terminal Internasional sendiri ada sebanyak 209,335 box atau 267,511 TEUs, berupa komoditi unggulannya yaitu Pupuk, Makanan Ternak, Chemical dan Palm oil. 

Untuk kinerja Bongkar Muat Peti kemas di Terminal Domestik ada sebanyak 215,564 box, naik 11,8 persen dibandingkan periode yang sama Tahun 2019 lalu yang hanya 192,798 box. Di mana angka tersebut setara dengan 264,040 TEUs yang tumbuh 11,45 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu sebesar 236,906 TEUs. Demikian dikatakan ACS Humas Pelindo I, Fiona Sari saat dikomfirmasi wartawan.

Untuk komoditi Dominannya adalah kertas, semen, pecah belah dan alat tulis kantor, di masa Pandemi maupun menuju New Normal saat ini, Pelindo I mewajibkan seluruh pekerja maupun tamu untuk mengenakan Masker dengan menerapkan Social Distancing dan menjaga jarak  kalau Pelindo I termasuk di kawasan TPK Pelindo I Belawan tersebut merupakan areal wajib masker ucap Fiona sari .

Dewan Pimpinan Pusat LSM Corruption Indonesia Funtionary Observation Reign disingkat CIFOR melalui Sekjennya, Ismail Alex, MI Perangin-Angin menyampaikan Apresiasi yang tinggi.

Alex menyarakan kepada Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lewat Direksi Pelindo I untuk mengingatkan, kwalitas dan Standar Pelabuhan Indonesia, asset Pelindo I Cabang Belawan berupa Lahan di Area Gabion, Peti Kemas Belawan digabungkan,dan pengelolahannya ke TPK Belawan PT Pelindo I, Ucapnya.

Informasi diterima Tim Investigasi dan Monitoring LSM CIFOR, dermaga Peti kemas untuk Pelayanan Internasional hanya memiliki Panjang 550 meter, Sedangkan untuk Dermaga pelayanan Domestik hanya memiliki 400 meter, lokasi Pelayanan Internasional dalam kegiatan Bongkar Muat kontainer antara kapal dengan lapangan dan penumpukan, lebarnya masih kurang, seharusnya Panjang Dermaga Operasional di TPK Pelindo I Belawan Diatas Standar Kinerja Bongkar Muat Peti Kemas Kemenhub.

Sampai dengan Semester I Tahun 2020, kinerja operasional Terminal Peti Kemas (TPK) PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Belawan, baik itu di Terminal Internasional mencapai 54,92 Box/Ship/Hour (B/S/H), maupun di Terminal Domestik sendiri yang mencapai 47,66 B/S/H.Di mana, jumlah Produktivitas dari kedua terminal tersebut, ternyata berada di atas Standar kinerja Bongkar Muat Peti kemas Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang sebesar 32 B/S/H.

Bongkar muat Peti kemas di TPK Belawan sampai dengan Semester I Tahun 2020 ini,  untuk di Terminal Internasional sendiri ada sebanyak 209,335 box atau 267,511 TEUs, berupa komoditi unggulannya yaitu Pupuk, Makanan Ternak, Chemical dan Palm oil.Untuk komoditi Dominannya adalah Kertas, Semen, Pecah Belah dan Alat Tulis Kantor

Dengan memenuhi Costumer Satisfaction Pengguna jasa kepelabuhanan atas layanan jasa Bongkar Muat Peti kemas yang Handal dan efisien serta juga untuk peningkatan revenue dan efisiensi biaya (cost reduction) di TPK Belawan PT Pelindo I,” ucap Alex.

Ketua Tim (Jeli, Independent, Toleran, Ukur) JITU, Erwin Librandi Tambunan bersama Sekretrisnya, Firman Kurniawan memberikan Apresiasi tentang kegiatan Operasional TPK Pelindo I Belawan diatas standar kinerja Bongkar Muat Kementrian Perhubungan.

Awak media yang bergabung di JITU Dengan memenuhi customer Satisfaction Pengguna Jasa Pelabuhanan dan Layanan Jasa Bongkar Muat Peti kemas lebih baik dan efisiensi biaya (cost reduction) di Belawan .

dan berharap Direksi Pelindo I,bisa mengeluarkan kebijakan berupa asset  lahan di Gabion Belawan milik Pelindo I Cabang Belawan untuk digabungkan Pengelolahannya ke TPK PT Pelindo I Belawan. Ucap Erwin menutup.(Pane/Feri)

Komentar