oleh

Proyek Dinas Pendidikan DKI Jakarta Digugat Ke Pengadilan

-Hukum-217 views

Transparan News, DKI Jakarta – Tender Lelang Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Poryek Rehabilitasi Total Gedung Sekolah Paket 1 Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, dengan nilai Harga perkiraan Sementara (HPS) RP 369, 37 M  menuai masalah.

Pasalnya Proyek gedung sekolah itu digugat oleh PT. Faustine Brantas Berkarya (PT. FBB) selaku peserta lelang. Kuasa hukum PT. FBB Lambok Lumban Gaol, SH. dan Ganti Lumban Toruan, SH., MH mendaftarkan gugatannya ke Kepanitraan Perdata Pengadilan Jakarta Pusat Klas 1A Khusus, dengan Registrasi Perkara Nomor : 451/Pdt.G/2017/PN JKT PST pada selasa 29 Agustus 2017.

Ganti Lumban Toruan mengatakan, “dasar gugatan kami, menemukan dugaan : banyak kecurangan dalam evaluasi kualifikasi, menyatukan  atau memusatkan beberapa kegiatan yang tersebar di beberapa lokasi/daerah yang menurut sifat pekerjaan dan tingkat efisiensinya seharusnya dilakukan di beberapa lokasi/daerah masing-masing dan penyimpangan dokumen kualifikasi dari Peraturan Presiden 54 Tahun 2010 dan perubahan terakhir beserta turunannya Tentang Pengadaan Barang dan Jasa.”

“Tidak hanya dugaan kecurangan dan penyimpangan yang paling disayangkan, panitia lelang/ Badan Pelayanan Pengadaan Barang Jasa (BPPBJ) Provinsi DKI Jakarta dan Kepala Dinas saling melepas tanggung jawab menanggapi sanggahan dan pengaduan kami,” kata Ganti dengan nada kesal.

“Sehingga kami mendaftarkan guggatan Perbuatan Melawan Hukum, dengan tergugat Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Kepala BPPBJ DKI Jakarta dan Penyedia,” tambahnya di Pengadilan Negeri Jakpus, Selasa (29/8/2017)

Lambok Lumban Gaol juga membenarkan dalam gugatannya, menuntut agar Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat : menyatakan lelang proyek tersebut batal demi hukum, menghukum Para Tergugat menyatakan Perbuatan Melawan Hukum, memerintahkan Para Tergugat segera menghentikan kegiatan proyek Rehabilitasi Total Gedung Sekolah Paket 1 Jakarta Pusat dan Jakarta Utara sebelum ada putusan hukum yang berkekuatan tetap dan menghukum Para Tergugat mengganti biaya kerugian materil dan Immateril Penggugat.

Kuasa Hukum PT. FBB itu juga mengatakan, dengan memiliki dalil-dalil dan bukti-bukti yang sangat kuat pihaknya yakin akan memenangkan gugatannya. Untuk mengetahui secara detil dugaan perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh Para Tergugat, mereka mempersilahkan media mengikutinya dipersidangan pada pembacaan tuntutan nantinya.

Sampai berita ini ditayangkan, Kadis Dinas Pendidikan  dan Kepala BPPBJ Jakarta belum dapat dihubungi. *** (Red)

Komentar