GENKI Wadah Memotivasi dan Majukan Pelaku UMKM

Ekonomi, Nasional1,331 views

TransparanNews, JAKARTA – Genki atau Generasi Kreatif Indonesia adalah sebuah organisasi yang dibentuk oleh 4 orang yang peduli pada UMKM. Genki adalah sebagai wadah bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan bimbingan pelatihan dan dukungan dari yang ahli di bidangnya.

Saat ini Genki, menurut Boy Vitantra selaku Sekjen, fokus dalam membantu pada dua pelatihan, yaitu kuliner dan fashion. Membantu para pelaku UMKM itu sendiri, adalah Usaha mikro kecil menengah atau adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008.

”Untuk program yang kita fokuskan saat ini yaitu kuliner dan fashion,” terangnya.

Kemudian Ia menambahkan, jika dalam kuliner itu begitu dilihat bisa langsung di coba pembuatannya dan kemudian bisa langsung dipasarkan, sedangkan untuk fashion itu perlu Kelanjutan pelatihan yang berkesinambungan, Namun walaupun keduanya bertolak belakang dan ada perbedaan, namun keduanya akan terus kita fokuskan semaksimal mungkin.

”Untuk pelatihan kuliner kita dapat memberikan pelatihan yang paling maksimal dua kali, tapi kalau fashion bagi mereka yang memang ingin menekuninya maka mereka bisa mengikuti kelanjutannya tentunya agar mereka bisa tercapai sebuah tujuan yang lebih maksimal. Misalnya kalau sebelumnya dia bisa bikin longdress atau baju terusan ke depan dia masih bikin kemeja dan bikin lainnya, nah itu semuanya ada beberapa ciri khas atau cara yang bisa dilakukan,” jelasnya.

”Nah untuk sekarang, yang kita lakukan adalah pendekatan dan untuk pasar itu sendiri adalah gimana para pemain kuliner tidak atau bukan hanya menawarkan satu jenis barang yang sama, pada saat buming mungkin mereka telah mencoba mencari makanan yang bisa mendapatkan profit, tapi di sini saya mengembalikan pembelajaran terjadi, di mana mereka itu diberi kesempatan untuk melihat satu sisi yang lain dari kreativitas jadi kita berikan satu pelatihan dimana perkembangannya adalah walaupun bahan dasarnya dari ayam atau daging atau apapun, tapi mereka mempunyai satu kelebihan lagi, mungkin yang lain tata cara pertama kita dalam pemilihan bahan baku tata cara pengelolaan tata cara untuk penyajian. dari hasil pelatihan Minggu lalu dan sekarang minggu kedua yang kami laksanakan, kami membuat program di mana kalau para peserta diajarkan, kami harapkan mereka itu bisa langsung mengaplikasikan,” tambahnya.

Boy Vitantra bersama tim nya juga mengajak para peserta pelatihan yang baru untuk mengenalkan dengan seorang peserta sebelumnya yaitu ibu Entin di kedai milik ibu Entin yang berada di wilayah tanah Abang, dan kunjungan itu sekaligus untuk melihat langsung hasil buatan Entin dari mengikuti pelatihan bersama Genki.

”Kehadiran kami di kedai bu Entin bukan untuk mengoreksi tapi untuk memotivasi mereka untuk menambah kepercayaan diri, jadi mereka tidak akan dilepas begitu saja setelah mendapatkan pelatihan dari kami. Para pelaku UMKM ini dibantu oleh para chef yang turun langsung ke lapangan untuk membuat suatu menu yang lebih menarik, dan untuk para konsumen tidak akan di lepas begitu saja, mungkin Kedepannya masih banyak lagi pelatihan yang akan kami sampaikan, tapi itu dilaksanakan bertahap sesuai dengan kebutuhannya.

Arah komunikasi ini tentunya untuk bisa melihat dan menggunakan bahwa kami hadir untuk para pelaku UMKM, kami hadir untuk membuat maju, Kami hadir ingin memberikan satu hal yang berguna dan bermanfaat dan bisa diaplikasikan bukan hanya sekedar batasan ilmu tapi yang bisa juga mendatangkan sesuatu bagi masyarakat. Dan menurut saya bahwa ada peserta yang bukan pemain kuliner, mereka ini adalah hanya ibu rumah tangga, Menurut saya mereka itu kalau dilihat dari kacamata usaha, mereka ini kita anggap sedang belajar untuk melihat dan ber silaturahmi. intinya di dalam komunitas ini kami juga siap membantu jika ada diantara peserta ingin menjadi investor ataupun franchise. Kami akan membantu segala sesuatunya jika memang diminta”, pungkasnya pada awak media di Jakarta, Sabtu (15/08/2020).

Chef Lucky yang membantu memberikan pelajaran kepada para peserta pelatihan bersama GENKI sangat mengapresiasi giat yang dibuat oleh GENKI, karena pelatihan tersebut tentunya sangat membantu pelaku UMKM dalam memaksimalkan usahanya.

”Ini kedua kalinya saya bergabung dengan GENKI, tapi menurut saya walaupun saya baru bergabung dua kali, saya melihat keseriusan GENKI dalam membantu para pelaku UMKM. Dan saya juga Senang sekali melihat para peserta yang menyambut baik kegiatan pelatihan ini,” ujar Chef.

Apresiasi dan ucapan terimakasih disampaikan oleh Entin selaku peserta pelatihan Genki, ia merasa senang mengikuti pelatihan dari GENKI.

”Terimakasih kepada GENKI yang telah memberikan pelatihan kepada kami. Saya merasa senang dengan pelajaran yang diterapkan kepada kami. Saya merasa puas apa yang telah diberikan, karena saat saya mencobanya, banyak hal positif yang disampaikan dari orang orang yang mencoba kreasi buatan saya.” Ungkap Bu entin.

Boy Vitantra juga menyampaikan semoga pelatihan yang diberikan oleh GENKI dapat bermanfaat bagi para peserta.(Hr)

Komentar