oleh

Teknologi Dan Inovasi Di Tanah Sahara

-Nusantara-293 views

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA — Sejumlah penelitian telah menyibak tabir Afrika sebagai salah satu tempat lahirnya peradaban. Temuan genetik dan paleontologi menyebut, Afrika adalah asal beragam ras yang saat ini ada di seluruh dunia.

Sebuah laporan di National Geographic ber judul The Genographic Project: Map of Human Migration menyebutkan hal itu. Afrika merupakan rumah bagi keindahan alami dan kebudayaan masyarakat.

Ia menjadi salah satu arena raksasa inte raksi manusia dengan alam sekitarnya. Meski demikian, hanya sedikit informasi yang menyebutkan teknologi dan inovasi di Tanah Sa hara ini, termasuk yang bertahan hingga se karang. Cukup sulit menemukan penelitian atau studi spesifik dan signifikan terkait hal itu.

Namun, African Civilisations: an Archaeological Perspective karya Graham Connah bisa menjadi satu rujukan. Artikel ini bercerita tentang teknologi yang tercipta dan berkembang di Afrika di masa lalu.

Teknologi adalah bagian penting dari per kembangan budaya dan sering kali diartikan sebagai hasil dari pertumbuhan masyarakat. Be rikut ini adalah beberapa teknologi yang muncul dari Negeri Sahara pada masa-masa se belum kolonialisme.

Artinya, Anda tidak perlu membayangkan teknologi canggih macam layar sentuh, robot serba bisa atau teknologi sema cam komputer. Sebab, pada hakikatnya, tekno logi adalah cara untuk memudahkan manusia menjalani perannya di dunia.

Seperti dilansir laman muslim heritage, teknologi ini kemudian menyebar ke seluruh penjuru benua dan akhirnya ke setiap sudut dunia.

 

sumber : http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/17/08/15/ouowo6313-teknologi-dan-inovasi-di-tanah-sahara

Komentar